loading…
Mendikdasmen Abdul berfoto bersama dengan para pendiri sekolah, jajaran pimpinan dan manajemen Global Sevilla School. Foto/Istimewa.
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen) Prof. Dr. Abdul Mu’ti, memberikan apresiasi tinggi terhadap peran Global Sevilla School dalam mengembangkan pendidikan yang menyeimbangkan kecerdasan akademik dan pembentukan karakter. Ini menunjukkan komitmen sekolah untuk menciptakan mahasiswa yang tidak hanya pintar tetapi juga berkarakter.
Pendidikan yang berfokus pada pendekatan holistik menjadi semakin penting, terutama dalam era modern yang penuh dengan tantangan. Global Sevilla School telah berupaya keras untuk menghadirkan metode pembelajaran yang tidak hanya mengutamakan nilai akademis tetapi juga membina karakter siswa secara menyeluruh.
Peran Mindfulness dalam Pendidikan Holistik di Sekolah
Pendekatan mindfulness yang diterapkan di Global Sevilla School menyelaraskan dengan agenda nasional Pembelajaran Mendalam. Hal ini menciptakan suasana belajar yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan bagi peserta didik.
Mindfulness dalam pendidikan bukanlah sekadar tren, tetapi merupakan metode yang secara signifikan membantu siswa mengelola stres dan meningkatkan konsentrasi mereka. Dengan mindfulness, siswa dapat fokus pada pembelajaran mereka, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pendidikan yang diterima.
Melalui praktik ini, siswa diajarkan untuk lebih menghargai momen dan menjadi lebih sadar akan lingkungan sekitar. Dengan cara ini, mereka tidak hanya menjadi pembelajar yang cerdas, tetapi juga individu yang memiliki empati dan perhatian terhadap orang lain.
Perjalanan dan Pencapaian Global Sevilla School
Global Sevilla School merayakan ulang tahun yang ke-23 dengan tema “From Pause to Purpose, Living Life by Design”. Perayaan ini tidak hanya menjadi acara seremonial tetapi juga perwujudan komitmen sekolah dalam memperkuat pendidikan berbasis mindfulness.
Salah satu pendiri, Sudhamek AWS, menekankan bahwa keberadaan sekolah ini dilandasi oleh tujuan luhur dan nilai-nilai pendidikan yang kuat. Pendidikan berkualitas adalah sebuah kebutuhan, dan Global Sevilla berusaha memberikan yang terbaik untuk siswa-siswanya.
Pencapaian sekolah dalam praktik pendidikan holistik telah diakui oleh berbagai pihak. Kontribusi Global Sevilla dalam menciptakan metode Pembelajaran Mendalam yang efektif menjadi contoh bagi institusi pendidikan lainnya di Indonesia.
Kemitraan dalam Membangun Pendidikan yang Berkualitas
Mendikdasmen Abdul Mu’ti menggarisbawahi pentingnya kemitraan antara sekolah dan berbagai lembaga dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik. Kerja sama ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman.
Kolaborasi yang baik antara sekolah, orang tua, dan masyarakat adalah kunci untuk menciptakan hasil pendidikan yang maksimal. Dalam hal ini, Global Sevilla School berkomitmen untuk melibatkan semua pemangku kepentingan dalam perjalanan pendidikan siswa.
Pendidikan yang berkualitas membutuhkan dukungan dari setiap pihak, termasuk pemerintah, dunia usaha, dan komunitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk membangun jembatan komunikasi yang baik agar semua elemen dapat bersinergi dalam mencapai tujuan pendidikan bersama.
Pengaruh Positif Mindfulness dalam Pembelajaran Siswa
Praktik mindfulness yang dijadikan bagian integral dari kurikulum di Global Sevilla School memberikan banyak manfaat bagi siswa. Mereka lebih mampu mengatasi tekanan akademis dengan cara yang sehat dan produktif.
Dengan mengajarkan siswa teknik-teknik mindfulness, sekolah membantu mereka untuk lebih baik dalam mengelola emosi dan meningkatkan kemampuan sosial. Hal ini tentunya dapat memberikan dampak positif yang besar dalam interaksi sosial mereka di luar lingkungan sekolah.
Mindfulness tidak hanya berfokus pada pengembangan individu, tetapi juga pada penguatan ikatan antar siswa. Dengan memiliki kemampuan untuk lebih empatik, siswa dapat membangun hubungan yang lebih baik, baik di dalam maupun di luar kelas.